Senin, 09 November 2015

Otak, Organ Penentu untuk Tumbuh Kembang Normal





Kita semua mungkin akan tercengang apabila dapat melihat ukuran kepala janin di dalam kandungan saat usia kehamilan 5 bulan. Pada saat ini, kepala janin ternyata jauh lebih besar dibanding ukuran tubuhnya. Otak janin tumbuh dengan kecepatan yang sangat tinggi saat di dalam kandungan. Ketika lahir, otak bayi mencapai 25 persen ukuran otak dewasa. Hanya dalam waktu satu tahun di awal kehidupan seorang bayi, otaknya telah mencapai 70 persen ukuran otak orang dewasa. Begitu pesatnya pertumbuhan otak bayi pada periode satu tahun pertama ini, sehingga periode awal kehidupan seorang bayi merupakan periode yang sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak, bahkan akan menentukan untuk seumur hidupnya.
Fakta-fakta tentang perkembangan otak ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian dengan tehnologi tinggi dan modern. Maka manfaatkanlah masa pertumbuhan otak bayi yang paling pesat ini. Inilah peluang yang terbaik untuk mendpatkan bayi yang cerdas. Kehilangan kesempatan memanfaatkan periode ini, maka kehilangan itu akan selamanya.
Otak adalah sebuah jaringan yang berwarna abu-abu sebagai pusat semua fungsi di tubuh manusia. Otak adalah sumber kecerdasan dan pikiran. Kecerdasan ditentukan oleh jumlah sel-sel otak dan kekuatan koneksi antar selnya. Otak merupakan organ yang paling kompleks namun mempunyai sistem kerja sangat terkoordinasi dan terintegrasi.. karena sangat kompleks, maka otak adalah organ yang paling misterius di tubuh kita. Ukuran otak tidak sebanding dengan antariksa luas, namun pengetahuan manusia untuk mengetahui kerja otak, masih sangat terbatas dibandingkan pengetahuan manusia mengenai antariksa.
Otak janin mulai terbentuk berupa lempengan ketika ibu hamil masih berusia sekitar 3-4 minggu. Didalamnya mengandung ratusan milyar sel-sel otak yang diproduksi dan memperbanyak selama masa awal kehamilan. Puncak jumlah sel-sel otak terjadi pada pertengahan kehamilan. Setelah itu jumlah sel otak tidak lagi mengalami peningkatan berarti, dan bahkan banyak yang mengalami kematian. Saat lahir, otak bayi mengandung sekitar 100 milyar sel-sel otak. Beginilah contoh sederhana kerja dari otak. Jika bayi menatap wajah seorang ibu yang sedang tersenyum kepadanya, maka sebuah pesan akan berjalan dari indra penglihatannya naik ke otak. Sampai di otak, pesan akan diterima sel-sel otak di bagian visual. Sel-sel otak penerima pesan ini akan memutuskan apakah informasi tersebut akan disimpan atau dibagi ke sel-sel otak yang lain, atau akan bereaksi langsung terhadap pesan itu. Jika diputuskan akan bereaksi, maka sel otak tersebut akan mengirimkan sebuah pesan balik yang menuju ke syaraf dan otot wajah bayi. Pesan ini diterima oleh wajah bayi dan ganti dia yang tersenyum pada ibunya.
Apabila diputuskan akan disimpan, maka suatu saat hanya melihat wajah ibuny, maka memori yang disimpan akan dikeluarkan kembali dan bayi tersenyum lagi kepada ibunya. Saat ini bayi telah belajr tersenyum dari senyuman sang ibu.
FAKTA TENTANG OTAK BAYI
1.      Selama otak berada dalam masa pertumbuhan yang paling cepat di awal kehidupan bayi, sel otak yang dinamakan Neuron berada dalam keadaan paling peka dan rawan terhadap perubahan yang terjadi di dalam lingkungan sekitarnya. Sehingga keadaan anak saat itu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya, baik kondisi positif maupun negatif.
2.      Sebenarnya banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk ikut berperan mempengaruhi pertumbuhan otak bayi.
3.      Otak yang terbentuk dengan baik di masa awal kehidupan akan menjamin pertumbuhan dan perkembangannya untuk seluruh masa hidupnya.


1 komentar:

  1. If you're attempting to lose fat then you have to start using this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To produce this keto diet, licensed nutritionists, fitness trainers, and chefs joined together to develop keto meal plans that are efficient, painless, money-efficient, and delicious.

    Since their first launch in January 2019, 1000's of clients have already transformed their body and well-being with the benefits a great keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones offered by the keto meal plan diet.

    BalasHapus

LAPORAN PENDAHULUAN DIARE

LAPORAN PENDAHULUAN DIARE PADA DEWASA A.      DEFINISI ·          Diare adalah defekasi encer lebih dari 3 kali sehari dengan atau t...