Sabtu, 06 September 2014

Mekanisme Persalinan Normal



MEKANISME PERSALINAN NORMAL

1.      Floating
Kepala mengambang, kepala janin yg relatif besar dan berat berada di bawah.

2.      Engagement
Pada akhir kehamilan, kepala masuk PAP dan terfiksir. Dengan adanya his yg kuat, teratur dan sering maka kepala janin turun dengan sutura sagitalis melintang dan os parietal depan dan belakang sejajar / sama tinggi yg disebut dengan sinklitismus.

3.      Descent
Dengan adanya his yg adekuat, kepala semakin turun sehingga sutura sagitalis mendekati simpisis dan  os parietal belakang lebih rendah daripada os parietal depan karena tertahan oleh simpisis, keadaan ini disebut dengan asinklitismus posterior.

4.      Fleksi
Dengan semakin majunya persalinan, kepala semakin turun ke panggul  maka os parietal depan lebih rendah daripada os parietal belakang karena tertahan oleh promontorium, keadaan ini disebut dengan asinklitismus anterior.

5.      Fleksi Maksimal
Dengan semakin majunya persalinan, os parietal depan dan os parietal belakang sejajar kembali yg disebut dengan sinklitismus.

6.      Rotasi Internal / Putar Paksi Dalam
UUK memutar ke bagian bawah simpisis menyesuaikan jalan lahir.

7.      Ekstensi / Defleksi
Sesampainya di dasar panggul, kepala janin melakukan  gerakan menengadah dengan sub occiput sebagai hipomuklion dan UUK berada di bawah simpisis.

8.      Ekspulsi Kepala Janin
Berturut – turut lahirlah UUB, dahi, muka, dagu dan kepala bayi lahir seutuhnya.

9.      Rotasi Eksternal / Putar Paksi Luar
Putar paksi luar setelah restitusi yaitu kepala janin memutar 450 ke arah punggung untuk membebaskan  tekanan pada leher saat putar paksi dalam. Lalu diteruskan memutar hingga muka bayi menghadap ke salah satu paha ibu.

10.  Ekspulsi Total
Setelah bahu depan berada di bawah simpisis, maka berturut – turut lahirlah bahu depan, bahu belakang, seluruh bagian tubuh bayi dan disertai dengan ekstremitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PENDAHULUAN DIARE

LAPORAN PENDAHULUAN DIARE PADA DEWASA A.      DEFINISI ·          Diare adalah defekasi encer lebih dari 3 kali sehari dengan atau t...